Program Tahfiz Al-Qur`an

GAMBARAN UMUM

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

Orang yang terbaik di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

Yayasan Nadi, sebagai sebuah lembaga independen yang hadir karena keterpanggilan hati para pendirinya untuk ikut memberikan andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa pada umumnya dan umat Islam Indonesia pada khususnya, mengadakan Program Tahfiz Al-Qur`an yang dikhususkan bagi mereka yang sudah menamatkan pendidikan formal tingkat SLTA.

Dalam mengadakan program ini, Yayasan Nadi bekerja sama dengan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur`an Al-Amin yang beralamat di Dusun Sempu, Desa Ngadirojo, Kec. Secang, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Sesuai visi dan misi Yayasan Nadi serta motto “Dari Umat Untuk Umat” yang sejak awal dipegangnya, maka Program Tahfiz ini bebas biaya. Bagi peserta yang mengikuti program ini tidak dikenakan biaya pendidikan, biaya penginapan ataupun makan.

Setiap santri dituntut untuk benar-benar fokus untuk menghafal Al-Qur’an, di bawah bimbingan dan asuhan ustadz-ustadz yang hafal Al-Qur’an. Hal ini dimaksudkan agar setiap santri dapat menamatkan hafalan Al-Qur’an dalam waktu maksimal 2 tahun dengan kualitas hafalan yang bagus.

Setiap santri diberikan kesempatan maksimal 2 tahun untuk menempuh pendidikan tahfiz Al-Qur`an melalui program ini. Secara garis umum, Program Tahfiz Al-Qur`an ini terbagi menjadi 3 komponen:

  1. Tahsin: Program ini dilakukan sebelum santri menyetorkan hafalannya kepada Ustadz Pembimbing dengan tujuan agar santri benar-benar dapat membaca apa yang akan dihafal dengan bacaan yang benar.
  2. Tahfiz: Program ini memiliki alokasi waktu terbanyak dan terdiri dari 2 program, yaitu tasmi’ (menyetorkan hafalan baru) dan muroja’ah (mengulang hafalan).
  3. Tafhim: Program yang bertujuan untuk memahami dan menghayati kandungan Al-Qur`an ini tidak dilakukan setiap hari, tetapi berkala.

 

TUJUAN PROGRAM:

  • Mencetak dan mendidik kader Imam dan Da’i yang hafal Al-Qur’an, memiliki wawasan Islam yang luas dan berakhlakul karimah.
  • Mensyi’arkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an di tengah-tengah masyarakat.
  • Turut ambil bagian dalam upaya menyatukan pola pikir masyarakat dan menutup celah-celah perbedaan.
  • Mengembangkan pusat kajian dan keilmuan Al-Qur’an.

Untuk informasi dan pendaftaran, klik di sini!

 

789 total views, 1 views today